Tips dan Trik CRM Layanan Pelanggan
Article
September 13, 2022

Tips dan Trik CRM Layanan Pelanggan

Tips dan trik menggunakan CRM untuk layanan pelanggan, CRM adalah database di mana bisnis menyimpan informasi tentang pelanggan mereka termasuk informasi kontak pelanggan, serta catatan interaksi dan transaksi pelanggan untuk membantu staf penjualan dan pemasaran dalam memperoleh dan mempertahankan pelanggan.

Tips dan Trik CRM Layanan Pelanggan
Convergence.id

Perangkat lunak CRM memungkinkan pengguna untuk melacak interaksi dengan prospek dan pelanggan, membantu mengoptimalkan proses penjualan, layanan pelanggan, dukungan teknis, dan kampanye pemasaran. Perangkat lunak CRM adalah elemen penting dalam melacak perilaku dan kebutuhan pelanggan Anda, kemudian berputar untuk memenuhinya.

Banyak usaha kecil saat ini masih menangani interaksi dan data pelanggan menggunakan spreadsheet Excel kuno atau sistem pengarsipan. Metode-metode ini, meskipun berguna untuk sementara waktu, menawarkan sedikit nilai jangka panjang pada skalabilitas, kemampuan berbagi, dan wawasan pelanggan. CRM dapat membantu usaha kecil lebih memahami kebutuhan dan kekhawatiran pelanggannya, dan lebih tepat dan disengaja dalam memelihara hubungan tersebut.

Fungsi dasar CRM termasuk mengelola data pelanggan, melacak prospek, dan menjawab permintaan umpan balik pelanggan. Namun, ketika melihat di bawah kap solusi CRM, Anda akan melihat bahwa ada fitur yang jauh lebih kuat yang dapat memberikan keunggulan yang dibutuhkan perusahaan untuk bersaing dan tumbuh.

Manfaat CRM untuk Layanan Pelanggan

Apakah Anda pernah mengalami repotnya dalam mengelola seluruh administrasi bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan? Atau mungkin Anda pernah mengalami sulitnya untuk meningkatkan penjualan setiap tahunnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan dan keluhan yang dirasakan oleh perusahaan.

CRM berkaitan dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Sistem CRM bertindak sebagai repository yang mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan. Berikut adalah beberapa manfaat dari CRM :

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menggunakan CRM memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan dari berbagai sumber yang berhubungan langsung dengan pelanggan, baik melalui call center, website, staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.

2. Mengurangi Biaya

Dengan menggunakan CRM memungkinkan setiap kegiatan penjualan dan pelayanan menjadi lebih murah karena pemasarannya lebih terfokus pada pelanggan yang tepat serta waktu yang tepat pula.

3. Kegiatan Operasional Menjadi Lebih Efisien

Ketika proses penjualan dan pelayanan menjadi semakin mudah maka hal ini dapat mengurangi dari risiko penurunan kualitas pelayanan ke pelanggan dan beban arus kas.

4. Time to Market Semakin Meningkat

Dengan CRM, perusahaan akan mendapatkan informasi dari pelanggan berupa data tentang produk apa saja yang menjadi trend pembelian saat ini. Hal ini akan mempercepat produk masuk ke pasar.

Meningkatkan Produktivitas dan Profitabilitas

Meskipun CRM dirancang untuk membantu Anda mengelola hubungan pelanggan, CRM dapat membantu Anda mengelola aspek lain dari bisnis Anda, seperti produktivitas karyawan, yang berdampak tidak langsung pada kepuasan pelanggan.

Karena usaha kecil beroperasi dengan lebih sedikit karyawan, penting untuk mengetahui bagaimana dan apakah individu dan tim bekerja secara efisien dan efektif. Sebagian besar solusi CRM memiliki fitur manajemen layanan lapangan terintegrasi.

Hal ini memungkinkan Anda mengetahui pelanggan apa yang telah dikunjungi oleh perwakilan penjualan Anda dengan pelacakan dan check-in waktu nyata. Perwakilan lapangan dapat mengakses fitur ini di perangkat seluler mereka, dan memasukkan informasi tentang situs dan interaksi pelanggan, memastikan produktivitas maksimum.

4 Cara Menggunakan CRM untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan

1. Kirim email otomatis

Otomatisasi adalah salah satu manfaat dari alat CRM. Pemilik bisnis dapat merampingkan komunikasi awal dengan klien dengan mengirimkan tanggapan otomatis. Memberikan konfirmasi instan kepada pelanggan bahwa permintaan mereka telah diterima adalah salah satu manfaat utama email otomatis.

2. Ciptakan komunikasi yang konsisten

Template email adalah cara mudah untuk memastikan komunikasi email dengan pelanggan secara konsisten dan profesional. Saat Anda melihat pratinjau sistem CRM yang berbeda, periksa apakah template email tersedia dan tanyakan seberapa dapat disesuaikannya.

3. Tarik laporan

Perangkat lunak CRM berkualitas dengan laporan yang merangkum analitik berharga dan indikator kinerja utama. Beberapa sistem bahkan memungkinkan administrator untuk membandingkan interaksi pelanggan berdasarkan karyawan, memungkinkan manajer untuk melihat karyawan mana yang memiliki waktu respons terlama dan tercepat, dan siapa yang paling banyak mendapat keluhan pelanggan.

4. Personalisasikan interaksi pelanggan

Salah satu fitur paling berharga yang ditawarkan CRM modern adalah kemampuan untuk menangkap informasi klien yang mendalam. Sayangnya, banyak perusahaan menghabiskan waktu dan uang untuk menerapkan sistem CRM tanpa kemudian melatih agen layanan pelanggan dan karyawan lain tentang cara menggunakan informasi yang ada. Ketika karyawan menjawab telepon atau melakukan panggilan ke klien yang informasinya ada di CRM, mereka harus menggunakan data untuk menginformasikan percakapan.

Anda sudah tahu bahwa CRM adalah manajemen hubungan pelanggan yang penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Berkaitan dengan CRM, Convergence.id sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam peningkatan layanan dan kepuasan pelanggan, menyediakan berbagai solusi bisnis untuk usaha yang sedang Anda jalankan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan Klik Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...