meningkatkan engagement
Article
March 15, 2023

Tips Membangun dan Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan (Customer Engagement)

Jika berbicara tentang keterlibatan pelanggan atau yang disebut dengan customer engagement, rasa kurang lengkap jika kita belum memahami apa pengertian dari istilah tersebut. Jadi, customer engagement atau keterlibatan pelanggan ini merupakan suatu hubungan komunikasi ataupun interaksi yang terjalin antara pemilik usaha dan konsumen melalui berbagai saluran korespondensi.

Customer engagement ini disebut juga sebagai keterlibatan pelanggan, dimana hubungan komunikasi antara pemilik usaha dan konsumen dapat terjadi melalui interaksi, efek, reaksi, atau pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan secara keseluruhan terhadap produk yang mereka pilih.

Keterlibatan pelanggan menjadi salah satu hal yang sangat penting karena hubungan yang terjalin dengan baik antara pemilik usaha dan konsumen akan mengikat konsumen untuk terus membeli produk atau layanan secara berkala.

Saat kita berhasil menciptakan customer engagement ini dalam jangka panjang, maka konsumen akan merasa puas dengan layanan yang kita berikan. Salah satu indikator keterlibatan pelanggan yang sukses yaitu loyalitas konsumen menjadi semakin meningkat.

Tips Membangun dan Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan (Customer Engagement)

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun dan meningkatkan keterlibatan pelanggan atau customer engagement, antara lain:

  1. Lakukan Perubahan yang Menarik Perhatian Konsumen di Media Sosial Secara Berkala

Berdasarkan sebuah penelitian, para konsumen yang mempunyai keterlibatan atau customer engagement yang baik, memiliki peluang untuk kembali menggunakan produk dan layanan jasa Anda. Misalnya saja pada bisnis real estate atau bisnis pertukangan.

Saat konsumen mempunyai customer engagement yang baik terhadap tukang bangunan yang dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang ada di rumahnya, maka konsumen tersebut akan selalu mengandalkan tukang tersebut. Misalnya saja diminta untuk memperbaiki genteng, pipa air, dan lainnya.

Untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan seperti di atas, Anda dapat memulainya dari media sosial. Seperti yang kita tahu bahwa media sosial merupakan platform paling efektif dalam mempromosikan produk dan meningkatkan customer engagement.

  1. Buatlah Pelanggan Tertarik dengan Postingan Foto atau Video Bisnis Anda

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu membuat pelanggan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk serta layanan jasa yang Anda tawarkan. Lalu, bagaimana caranya? Jadi, Anda hanya perlu memposting foto atau video semenarik mungkin terkait barang atau jasa Anda di media sosial.

Perlu diingat bahwa gambar bisa menjelaskan semuanya. Karena di dalam sebuah bisnis, foto atau video merupakan media yang bisa membuat pelanggan semakin yakin, tertarik, dan tergiur untuk memilih produk Anda.

Anda bisa menggunakan layanan fotografer profesional untuk mengambil beberapa foto dari sampel produk Anda. Selain foto, Anda juga perlu merekam video singkat yang menjelaskan tentang produk atau layanan jasa yang Anda sediakan.

Buat video dengan menarik, sehingga pelanggan merasa yakin dan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

  1. Buat Situs Web Profesional untuk Bisnis Anda

Mungkin bagi sebagian orang membuat situs web untuk bisnis adalah hal yang tidak terlalu penting. Bahkan beberapa dari mereka menganggap bahwa hal itu hanya membuang-buang uang. Mereka berdalih bahwa kehadiran media sosial sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Tapi kenyataannya, membuat situs web yang profesional untuk bisnis menjadi salah satu hal yang penting. Melalui situs web ini, kita dapat menawarkan beberapa manfaat bisnis terhadap para pelanggan.

Selain itu, bisnis kita juga akan terlihat lebih profesional dan kredibel dibandingkan dengan hanya mengandalkan media sosial saja. Situs web bisnis merupakan investasi jangka panjang di masa depan.

  1. Menyapa Konsumen Melalui Email

Walaupun platform email tergolong cukup jadul, tapi jangan pernah meremehkan kekuatan email. Email menjadi salah satu platform yang masih efektif untuk meningkatkan pemasaran produk dan juga membangun keterlibatan pelanggan.

Melalui email ini, kita dapat memberitahu pelanggan bahwa bisnis kita sedang melakukan promo besar-besaran terhadap harga produk yang ditawarkan. Promo tersebut dapat dilakukan karena kita sedang merayakan anniversary atau meraih suatu pencapaian yang memuaskan.

Demikian penjelasan mengenai berbagai cara untuk membangun dan meningkatkan keterlibatan pelanggan atau customer engagement dalam bisnis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...