membangun kesan positif
Article
February 24, 2023

Tips Membangun Kesan Positif Untuk Perusahaan di Hari Pertama Kerja

Memberikan kesan positif untuk perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terutama, di hari pertama kerja yang sangat krusial. Karena kesan pertama yang didapatkan dari pegawai akan sangat mempengaruhi pandangan perusahaan.

Kesan pertama yang baik akan menjadi modal yang bagus untuk merintis karir bagi pegawai di sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa tips agar mendapatkan kesan positif di hari pertama bekerja.

1. Gunakanlah Pakaian Rapi dan Sesuai dengan Ketentuan

Setiap perusahaan biasanya memiliki ketentuannya sendiri dalam mengatur cara berpakaian para pegawainya. Ada perusahaan yang menetapkan agar para pegawainya berpakaian formal. Ada pula yang membebaskan pakaian yang digunakan oleh pegawainya.

Namun, apapun regulasi yang ditetapkan oleh perusahaan dalam berpakaian. Wajib bagi para pegawai terutama di hari pertama bekerja. Untuk menggunakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan ketentuan tersebut.

Bagaimanapun kesan pertama dan penilaian awal seseorang selalu berasal dari penampilannya. Karena itu, para pegawai yang baru harus menunjukkan penampilan yang baik.

2. Jangan Ragu Mengambil Inisiatif

Walaupun masih baru, bukan berarti seorang pegawai dilarang untuk aktif di perusahaan dan kegiatan kerjanya. Jangan ragu untuk mengambil inisiatif untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja, bertanya pada orang lain atau mengerjakan pekerjaan lain jika sudah selesai.

Memiliki inisiatif dan selalu aktif di kantor akan memberi kesan yang positif pada rekan kerja maupun atasan perusahaan. Karena memberikan kesan pegawai adalah orang yang serius dalam bekerja dan dapat diandalkan.

3. Datanglah Tepat Waktu ke Kantor

Tips membangun kesan positif untuk perusahaan di hari pertama selanjutnya adalah datang tepat waktu. Walaupun terkesan sederhana, namun hal ini akan sangat berpengaruh jika dilakukan. Terutama, oleh para pegawai baru.

Datang tepat waktu memperlihatkan pegawai sebagai pribadi yang disiplin dan menghargai waktu. Datang terlambat di hari pertama kerja akan memberikan kesan yang kurang baik. Terutama, bagi rekan yang akan bekerja sama dengan pegawai.

Karena akan memberikan kesan bahwa pegawai adalah orang yang lamban dan kurang disiplin. Sekaligus, kurang bisa diandalkan dan tidak memiliki kesadaran diri.

4. Hafalkan Nama Rekan Kerja

Tidak perlu menghafal nama setiap orang yang bekerja di perusahaan. Ingatlah nama rekan-rekan yang dekat dan bekerja sama di divisi yang sama saja. Selain itu, hafalkan juga nama pimpinan terutama yang berhubungan langsung dengan divisi Anda.

Mengetahui nama rekan kerja akan memberikan kesan yang baik. Karena merupakan tanda bahwa Anda sebagai pegawai peduli pada sekitar. Termasuk, pada rekan yang akan bekerja bersama Anda.

5. Dengarkan dan Amati

Sebagai pegawai baru di perusahaan, pastinya ada banyak hal yang tidak Anda mengerti. Karena itu, Anda harus banyak mendengarkan penjelasan dari senior Anda begitu pula mengamati bagaimana cara kerja divisi Anda.

Jangan terlalu cepat mengajukan pertanyaan terutama untuk hal-hal yang bersifat remeh. Jika bisa Anda menemukan jawabannya dengan mengamati dulu dan baru bertanya untuk memperjelasnya.

Sikap ini akan memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang serius dalam bekerja. Perhatian dan memiliki kemampuan untuk memahami pekerjaan yang dilakukan. Namun, kalau memang sudah bingung jangan ragu untuk bertanya.

Itulah beberapa tips untuk membangun kesan positif untuk perusahaan. Terutama, bagi para pegawai baru di hari pertama bekerja. Tips-tips di atas bisa membantu para pegawai baru untuk menciptakan kesan yang baik dan memperlancar perjalanan karirnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...