resume lamaran pekerjaan
Article
March 25, 2023

Tips Menyesuaikan Resume Lamaran Kerja yang Sesuai dengan Bidang Pekerjaan

Saat Anda melamar kerja, Anda akan diminta untuk melampirkan sebuah resume, yakni ringkasan riwayat hidup yang berisi keahlian, pendidikan, pengalaman, dan hal-hal yang pernah Anda capai dalam dunia kerja. Tentu hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena resume lamaran kerja menjadi salah satu yang dipertimbangkan perusahaan sebelum menerima Anda.

Penulisan Resume

Perlu Anda pahami bahwa resume ini berbeda dengan CV atau Curriculum Vitae, baik dari segi isi ataupun tujuan penggunaannya. Meskipun begitu, keduanya merupakan dokumen yang sama-sama perlu Anda siapkan saat akan melamar kerja.

Resume biasanya berisi penjelasan terkait kualifikasi yang Anda miliki, ditulis secara jelas, padat, tapi tetap ringkas. Untuk membuat resume, Anda perlu menyesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Resume ini digunakan oleh perusahaan untuk melihat seberapa layak Anda menempati posisi yang ada pada perusahaan.

Tips Menyesuaikan Resume dengan Pekerjaan

Di setiap perusahaan pastinya akan ada banyak pelamar kerja, hal ini membuat HRD harus membaca puluhan bahkan hingga ratusan resume. Maka dari itu, Anda perlu membuat resume sebaik mungkin agar HRD melihat kualitas yang dicari perusahaan ada dalam diri Anda.

Menyesuaikan resume dengan pekerjaan tertentu yang Anda lamar ini sangat penting, karena memberikan beberapa manfaat bagi Anda saat melamar pekerjaan, beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah,

  • Mengesankan kesesuaian

Menyesuaikan resume akan lebih menonjolkan kualitas Anda yang bermanfaat bagi pekerjaan yang dilamar. Dengan begitu, resume Anda memberikan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Pihak perusahaan akan lebih tetarik untuk mengenal Anda dan mengundang Anda ke tahap seleksi selanjutnya.

  • Lebih menonjol sebagai fresh graduate

Satu hal yang cukup menyulitkan bagi seorang fresh graduate saat menulis resume adalah pengalaman relevan yang masih minim. Maka dari itu, sebagai fresh graduate Anda perlu menonjolkan keunggulan yang dimiliki secara optimal. Sehinga HRD lebih mudah dalam melihat potensi yang ada pada diri Anda.

  • Menunjukan minat yang tinggi

Membuat resume yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan memberikan kesan bahwa Anda memiliki minat yang tinggi pada pekerjaan tersebut.

  • Membuka jalan saat sesi wawancara

Resume lamaran kerja yang dibuat dengan baik dan relevan dengan pekerjaan akan digunakan oleh pihak perusahaan untuk menggali lagi potensi Anda saat sesi wawancara kerja.

Untuk menyesuaikan resume dengan pekerjaan tertentu, Anda perlu memahami beberapa tips berikut ini.

  1. Menentukan kata kunci dari deskripsi perusahaan

Anda perlu membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan temukan kualitas apa yang pekerjaan tersebut kehendaki. Dari situ, Anda bisa menentukan kata kunci atau keywords yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun bidang industri dari pekerjaan tersebut. Kata kunci inilah yang digunakan untuk menyesuaikan resume Anda.

  1. Menemukan kata kunci dari website perusahaan

Anda juga bisa membuka website perusahaan, dan cari tahu prinsip, visi, misi, dan kultur perusahaan yang bisa dijadikan sebagai kata kunci dalam menyusun resume. Dari kata kunci tersebut Anda bisa menyesuaikan dengan pengalaman yang Anda miliki.

  1. Susun paragraf perkenalan

Dalam resume, Anda juga perlu membuat paragraf perkenalan yang secara singkat menjelaskan tentang diri Anda.

  1. Cantumkan daftar skill

Jangan lupa untuk mencantumkan daftar skill yang Anda miliki, tapi pastikan Anda mencantumkan skill atau kemampuan yang memang relevan dengan pekerjaan tersebut.

  1. Cantumkan pencapaian dalam pengalaman

Dalam menuliskan pengalaman, akan lebih baik jika Anda mencantumkan pencapaian apa yang pernah diraih, lebih bagus lagi jika pencapaian tersebut relevan dengan bidang pekerjaan.

  1. Atur ulang format

Jika diperlukan, Anda bisa mengatur ulang format resume agar lebih sesuai dengan bidang pekerjaan atau industri yang dilamar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan menyusun resume lamaran kerja. Semoga bermanfaat. Dapatkan informasi terkait pekerjaan lainnya di http://career-page.com/convergence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...